Berita Kabupaten
  • Kamis, 26 Oktober 2023 17:01
  • Dilihat 640 Kali

Bupati Labura Hadiri Roadshow Bus KPK 2023 Provinsi Sumatera Utara

Medan (Kabar Labura)
Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus, S.E., M.M menghadiri acara pembukaan Roadshow Bus KPK 2023 Provinsi Sumatera Utara, sekaligus pengukuhan Anti Korupsi. Kamis (26/10/2023) di Auditorium Provinsi Sumatera Utara, Pekan Rasa Sumatera Utara (PRSU).
Roadshow Bus KPK Tahun 2023 mengusung tema "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi" dan dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Dr. KH Nurul Ghufron, SH, MH, Pj. Gubernur Sumatera Utara, Forkopimda Sumut, serta Bupati/Wali Kota, Kepala Inspektorat, beberapa pimpinan OPD Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.
Acara Roadshow Bus KPK 2023 bertujuan meningkatkan kesadaran aparatur sipil negara di Sumut. Pembukaan acara ini dilakukan oleh Pj. Gubernur Sumut, Hasanuddin, yang memberikan wejangan kepada Walikota dan Bupati se-Sumatera Utara yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hasanuddin, mengatakan bahwa kehadiran Roadshow Bus KPK di Provinsi Sumatra Utara dapat meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan kemauan seluruh pemangku kepentingan untuk mengembangkan sikap pencegahan dan pemberantasan tindakan korupsi.
Provinsi Sumatera Utara telah secara berkelanjutan dan konsisten selama 5 tahun terakhir fokus dalam melaporkan "clean government" dan "good government," dan sangat menyambut baik kehadiran Roadshow Bus KPK.
Wakil Ketua KPK, Dr. KH Nurul Ghufron, SH, MH, mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Sumatera Utara yang telah bersedia bekerja sama dengan KPK dalam memperkenalkan berbagai kegiatan selama Roadshow "Jelajah Negeri Anti Korupsi" 2023.
Menurut Dr. KH Nurul Ghufron, SH, MH, tugas KPK tidak hanya mencakup menangkap tindakan pidana korupsi, tetapi juga melalui program ini, mereka berusaha untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pemberantasan tindak korupsi. Pendekatan ini mencakup pendidikan, pencegahan, dan penindakan.
"Monitoring tidak mungkin dilakukan oleh KPK sendiri. Hal ini harus melibatkan masyarakat, dan Roadshow Bus KPK ini menjadi salah satu upaya KPK dalam mencegah isu-isu korupsi, terutama di Provinsi ini," ucap Nurul Ghufron.
Dia berharap Sumatera Utara dapat menjadi contoh bagi Indonesia dalam memerangi korupsi. KPK hadir untuk mempromosikan budaya pencegahan dan menyadari bahwa penangkapan saja tidak cukup. Semua ini harus dimulai dari diri kita masing-masing.
Acara dibuka dengan pemukulan gondang dan penampilan tari multi-etnis, diikuti dengan pengukuhan penyuluh anti korupsi oleh Pj. Gubernur Sumut, Hasanuddin, yang menyematkan selempang, disertai oleh Wakil Ketua KPK, Dr. KH Nurul Ghufron, SH, MH.
Turut hadir mendampingi Bupati Labura, Sekda Labura H. Muhammad Suib, S,Pd., M.M, Kadis Kominfo Drs. Sugeng, Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM Syahrul Adnan Hasibuan, S.E, Insfektur Indra Paria, S.T, Kadis Pendidikan Irwan, S.Pd, M.Pd, Kadis Pora Ismail Efendi Rambe, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Zulkarnaen, SKM., M.M, Kadis Pertanian drh. Sudarija. (Diskominfo/KL).