Berita Kabupaten
  • Kamis, 01 Juni 2023 10:01
  • Dilihat 3843 Kali

Kenakan Baju Adat Nias, Bupati Labura Irup Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Aek Kanopan (Kabar Labura).

Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, SE, MM, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati, Aek Kanopan, Kamis (1/6).
Pada upacara hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, Bupati Hendriyanto terlihat mengenakan baju adat daerah Nias bersama Wakil Bupati H. Samsul Tanjung, ST, MH, serta Sekda H. Muhammad Suib, S.Pd, MM, mengenakan baju adat melayu dan di ikuti peserta upacara para ASN yang juga mengenakan baju adat daerah.
Dalam sambutannya, Bupati Hendriyanto menyampaikan merayakan lahirnya Pancasila, adalah tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Dengan tema “Gotong Royong untuk Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.
"Kami berharap agar kita semua selalu mengingat pentingnya gotong royong dalam membangun peradaban yang maju, maju dan berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan global", sebut Bupati.
Menurutnya, Gotong royong merupakan semangat yang melekat pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu. Semangat ini memupuk perasaan gotong royong, solidaritas, dan kepedulian terhadap sesama.
"Gotong Royong mengajarkan kita untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, tanpa memandang perbedaan sosial, agama atau budaya. Dalam konteks membangun peradaban, gotong royong memegang peranan yang sangat penting", ucapnya.
Lanjutnya, Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran, dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain, kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong, dan toleran.
"Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur, dan bermartabat di mata internasional. Namun demikian, kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila", tutupnya.

Hadir juga pada upacara Harlah Pancasila itu Kapolres Labuhanbatu AKBP James Hasundungan Hutajulu S.I.K, SH, MH, M.I.K, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sembayang, S.E, D.W.C, Wakil Ketua DPRD H. Ir. Yusrial Suprianto Pasaribu, Danramil 01 AK Mayor Czi Baginda Siregar, SE, Asisten/Staf ahli Bupati, dan jajaran kepala OPD. (Diskominfo/KL).