Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Laksanakan Upacara Hari Otonomi Daerah Ke XXII

Pemkab Labura Laksanakan Upacara Hari Otonomi Daerah Ke XXII

Perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana daerah masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs. H. Dwi Prantara MM, selaku pemimpin upacara membacakan amanat Mentri Dalam Negri pada  upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Labuhanbatu Utara, Kamis (25/04/2019).

Dalam amanat wabub mengatakan, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat. disamping itu, diharapakan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan derta potensi keanekaragaman daerah.

Kemudian Wabub juga mengatakan semua aparatur sipil negara di daerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Dalam penyelenggaraan otonomi daerah tidak dapat menganggap bahwa masyarakat itu hanya semata-mata sebagai “konsumen” pelayanan publik, tapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai “citizen” termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

“untuk itu semua aparatur sipil negara di daerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah provinsi dan kabupaten/kota. dengan demikian pemerintah daerah harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat, dimana masyarakat semakin menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam mendapatkan pelayanan.” ucapnya.