Home » Berita dan Kegiatan » Ratusan Umat Kristiani Hadiri Perayaan Paskah Oikumene Labura

Ratusan Umat Kristiani Hadiri Perayaan Paskah Oikumene Labura

Aek Kanopan, (Kabar Labura)

Ratusan perwakilan umat Kristiani lintas denominasi gereja maupun ASN beragama Kristen yang ada di Labuhanbatu Utara mengikuti ibadah Perayaan Paskah Kabupaten Labuhanbatu Utara 2019 yang dilaksanakan, Jumat (26/4) sore, di Aula Ahmad Dewi Syukur (Gedung Serbaguna Kantor Bupati) . Perayaan diawali prosesi  jalan salib (via dolorosa) yang diikuti seluruh hamba Tuhan, serta  dilanjutkan kebaktian.

Pdt Anggiat Saut Manullang STh dalam khotbahnya megatakan,  Paskah merupakan puncak diakoni Allah lewat kebangkitan Yesus Kristus . Untuk itu,  perayaan Paskah merupakan wujud kemenangan iman. Yesus bangkit untuk meneguhkan iman.  Mari kita bangun dan beritakanlah injil. Firman Tuhan jadi pondasi dan sumber untuk membangun moral orang pemenang dalam kehidupan kita.

“Sesuai thema Kebangkitan Kristus memampukan kita berdiri teguh dan terus melayani semua (Bnd 1 Korintus 15:57-58) Sub Tema Dengan Semangat Paskah, masyarakat Kristen Labuhanbatu Utara dipanggil untuk kuat dan teguh, bekerja untuk Tuhan dengan sungguh-sungguh dengan melayani sesama demi terwujudnya Labuhanbatu Utara yang sejahtera dan rukun”, ujarnya.

Ketua Panitia Edi Malvin Sihaloho dalam sambutannya menyebutkan, perayaan Paskah yang dihadiri ratusan perwakilan jemaat gereja-gereja di Labura dapat terlaksana atas sinergitas Pemkab Labura dengan Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) dan para jemaat.

Malvin juga melaporkan bahwa dalam perayaan Paskah ini, panitia juga memberikan bantuan sosial kepada warga jemaat kurang mampu dari berbagai denominasi gereja, atas bantuan dari Pemkab Labura untuk dibagikan kepada warga jemaat kurang mampu.

“Dengan perayaan Paskah ini diharapkan dapat meningkatkan pemersatu dan sarana kebersamaan. Dengan kebersamaan dapat menjadi nilai-nilai luhur yang terus kita pupuk dan kita tingkatkan dihari yang mendatang. Kebersamaan harus terus kita pelihara antar umat Kristiani dengan umat beragama yang lainnya”, sebutnya.

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Dwi Prantara dalam sambutannya menyebutkan, dengan perayaan Paskah tahun 2019 kita senantiasa ikut menebar bibit perdamaian dan mengupayakan kesejahteraan bersama ditengah kemajemukan suku bangsa dan agama. Demi terciptanya Kabupaten Labuhanbatu Utara yang aman, damai dan sejuk dengan saling menjaga ke kompakan. Kita hidup dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, mari kita bersatu padu,  bahu membahu dengan masyarakat dan umat beragama lainnya dalam menciptakan kedamaian dan ketenteraman.

“Tadi sudah dilaksanakan ibadah perayaan Paskah dengan penuh hidmat, tenang dan nyaman. Saya berpesan kepada umat Kristiani,  untuk menjaga keharmonisan dengan mengedepankan tri kerukunan umat beragama. Sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang rukun dan damai serta akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Utara”, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan,  dengan perayaan Paskah diharapkan meningkatkan komitmen bersama, menuju Kabupaten Labuhanbatu Utara yang lebih baik dan jadikan Paskah sebagai alat pemersatu dan sarana kebersamaan. Dengan kebersamaan kehidupan masyarakat akan berjalan baik dan pemerintah akan semakin berdaya dalam menata dan menjalankan program pembangunan di segala sektor. Karena salah satu modal pembangunan adalah situasi yang kondusif yang harus kita jaga bersama.

“Mari kita jadikan Kabupaten Labuhanbatu Utara sebagai rumah besar kita semua dan saling menghormati antar umat beragama. Kualitas kerukunan semua aspek kehidupan antar umat Kristiani dengan umat beragama lainnya”, pungkas Wabup.

Terlihat hadir Plt. Asisten Pemerintahan Kesra Nurahman,S.Sos, Kadis Hanpang Adu Sitorus, Kabag Humas Timbul Harianja, para pendeta, dan masyarakat. (Armansyah/ KL)