Kamis , 20 Juni 2019

Wakil Bupati dan Warga Aek Kanopan shalat idul Fitri di Masjid Raya Al-Aman

Aek Kanopan, (Kabar Labura) – Kanjeng Raden Tumemenggung (KRT) yang juga Wakil Bupati Labuhanbatu Utara, Drs. H. Dwi Prantara, MM bersama ribuan umat muslim menjalankan ibadah salat Idul Fitri 1440 H di Masjid Raya Al -Aman hari ini, Rabu (5/6/2019).

Wakil Bupati yang akrab disapa Mas Dwi duduk di saf paling depan saat salat id, beliau melaksanakan salat id bersama Istri dan anaknya.

Pada hari yang fitri ini mari kita mengembangkan sikap silaturahmi, saling memberi maaf dan lapang dada, mari kita buka lembarann baru dan jangan lagi mengingat atau menggunakan lembaran lama. Sebab  kadang – kadang masih saja ada kekusutan. Memmaafkan kesalahan, adalah sifat yang terpuji, ungkap Mas Dwi.

Dalam salat id tersebut, imam oleh Ustadz Darwin Hasibuan, S.Pdi Qori International dan khotib, Hasanuddin, S.Ag Pimpinan Pondok Pesantren Al – Ihsan memberi khutbah yang mengajak umat muslim merefleksikan nilai fitrah dalam tahun politik.

Dalam khutbahnya, Hasanuddin mengatakan, salat id merupakan rangakaian ibadah puasa yang telah dilakukan selama sebulan penuh. Menurutnya, hikmah yang paling penting dari ibadah idul fitri ini adalah tumbuhnya kesadaran manusia akan kembali kepada fitrah manusia.

Jainuri menjelaskan, fitrah sendiri memiliki beberapa makna, adapun dalam makna bahasa fitrah diartikan sebagai karakter dasar manusia sejak lahir. Sedangkan sebagian mengartikan fitrah sebagai keadaan suci, bersih dari dosa seperti kondisi waktu pertama kali dilahirkan ke dunia.

“Namun kondisi suci bersih ini tidak berlangsung lama, hanya sebentar, tetapi menjadi rujukan kita semua untuk kembali kepada kesucian dan kemurnian,” imbuhnya.

Usai salat Id, banyak warga masyarakat yang ingin berjabat tangan langsung dengan Mas Dwi untuk mengucapkan selamat Idul Fitri.

Setelah Turun shalat Idul Fitri ini akan diadakan Open House dan Silaturahmi di kediaman Rumah pribadi Bupati H. Kharuddin Syah, SE Aula Fajat Dolpa Aek Kota Batu Kec. NA IX -X dan Rumah Dinas Wakil Bupati Jl. Tanjung Sari Aek Kanopan Kec. Kualuh Hulu. (Diskominfo/KL)