Berita Kabupaten
  • Jum'at, 19 November 2021 16:44
  • Dilihat 281 Kali

Bupati dan Deputi Lalitbang BKKBN RI Kunjungi Lokus Stunting di Desa Tanjung Pasir

Kualuh Selatan, (Kabar Labura)

Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, SE, MM dan Wakil Bupati H. Samsul Tanjung, ST, MH, mendampingi Deputi Lalitbang BKKBN RI Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, MRepSc, PhD, mengunjungi Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Kualuh Selatan. 

Kunjungan Bupati, Wabup dan Deputi ke desa Tanjung Pasir tersebut dalam rangka meninjau Lokus (Lokasi Fokus) stunting Kabupaten Labuhanbatu Utara dan menemui langsung balita stunting yang ada di desa Tanjung Pasir, yang berlokasi di Balai Desa Tanjung Pasir, Jumat (19/11). 

Bupati Hendriyanto dikesempatan itu berharap kunjungan Deputi Lalitbang BKKBN RI ini dapat memberikan masukan dan ilmu kepada kader dan masyarakat Desa Tanjung Pasir dalam menangani stunting sejak dini agar tidak ada lagi kasus yang sama di kemudian hari  sehingga dapat menurunkan angka stunting di desa Tanjung Pasir. 

"Kami berharap saran dan ilmu Pak Deputi, demi menurunnya angka stunting", ujarnya. 

Deputi Lalitbang BKKBN RI Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, MRepSc, PhD di kesempatan itu mengatakan bahwa pentingnya makanan sehat, makanan gizi yang lengkap bagi balita, misalnya wortel, tomat, ikan, karena anak stunting itu adalah anak balita yang kurang pertumbuhan dan kurang gizi. 

"Kalau orang tua nya tidak suka sayur-sayuran dan ikan, gimana nasib anak nya, otomatis orang tuanya tidak akan memberikan makan itu. Maka dari itu mulai saat ini kita harus biasakan memberikan edukasi kesehatan bagi anak dalam kehidupan sehari-hari", ujarnya. 

Terlihat, Deputi berinteraksi langsung dengan para ibu balita penderita stunting, dengan menanyakan tentang ASI dan makanan tambahan balita dan di akhiri penyerahan makanan tambahan balita kepada ibu dan anak penyandang stunting. 

Turut hadir Sekda H. Muhammad Suib, S.Pd, MM, Ketua TP PKK Labura Ny. dr.  Rama Dhona Hendriyanto Sitorus, Wakil Ketua TP PKK Ny. dr. Zuhriani Samsul Tanjung, Plt. Kepala DPPKB Erni Napitupulu, Camat Kualuh Selatan Suwedi, Kepala desa Tanjung Pasir Sartono, dan Petugas kesehatan Puskesmas Tanjung Pasir. (Diskominfo/KL)