Berita Kabupaten
  • Sabtu, 29 Oktober 2022 15:29
  • Dilihat 408 Kali

Bupati Labura Hadiri Pembukaan PORPROVSU Ke- XI

Medan, (Kabar Labura) 

Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, S.E., M.M bersama Wakil Bupati H. Samsul Tanjung, S.T., M.H didamping Sekda Labura H. Muhammad Suib, S.Pd., M.M dan beberapa kepala OPD menghadiri Pembukaan Pekan Olahraga Sumatera Utara (PORPROVSU) Ke- XI yang diselanggarakan oleh KONI Sumatera Utara pada hari Sabtu, (29/10), di GOR Dispora Sumut.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut 2022, yang diikuti sebanyak 3.004 atlet dari 32 kabupaten/kota ambil bagian dalam 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprov yang berlangsung sejak 29 Oktober sampai 5 November mendatang.

Dalam sambutannya, Edy mengatakan Porprov 2022 menjadi ajang penting bagi Sumut dalam melanjutkan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 bersama Aceh.

"Porprov selayaknya diselenggarakan untuk PON. Porprov XI ini istimewa, karena PON ke-21 pada November 2024 dilaksanakan di Aceh dan Sumut", ucap Edy.

Lebih lanjut Edy mengatakan digelarnya Porprov ini wadah persaingan bagi atlet menjadi yang terbaik untuk mewakili Sumut di kancah nasional hingga internasional.

"Porprov merupakan multi event empat tahunan antar kab/kota se-Sumut. Olahraga ini dipersiapkan tiga tahun ke belakang dalam rangka menyambut PON," sebutnya.

Kata Edy, prestasi Sumut sepatutnya berada pada 5 besar, mengingat jumlah populasi yang besar setelah 3 provinsi di Pulau Jawa. Yakni, Jawa Barat urutan pertama, Jawa Timur kedua dan disusul Jawa Tengah posisi ketiga. Menyusul Sumut dengan populasi mencapai 19 juta lebih jiwa.

"Harusnya (prestasi) Sumut berada di 4 dari 37 provinsi di Indonesia. Namun, ini sangat tergantung motivasi kita semua. Dari sini (Porprov) saya bisa melihat, motivasi bupati dan wali kota dalam membesarkan kebanggaan Sumut yang kita cintai ini," kata Edy.

Pelaksanaan Porprov 2022 tersebut, Edy mengingatkan para atlet untuk menjunjung tinggi sportifitas dan wasit agar bertindak dan bersikap adil sebagai pengadil pertandingan.

"Khusus atlet, sportifitas pastikan kalian bisa. Karena kalian adalah orang-orang hebat. Para wasit, lakukan yang terbaik dan objektif. Jangan merusak jiwa olahraga para atlet," pungkas Edy.

Sedangkan Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno mengatakan, Porprov Sumut ini merupakan awal dari persiapan kontingen Sumut menuju PON 2024 mendatang. Sumut kiranya harus mampu memperbaiki prestasi dari PON sebelumnya.

"Kita ingin Sumut mampu menunjukkan prestasi terbaik. Paling tidak mampu meningkatkan prestasi pada PON Jabar dan Papua lalu," katanya.

Katanya, Porprov Sumut 2022 yang hanya mempertandingkan 17 cabor masih jauh dari jumlah yang akan dipertandingkan pada PON 2024 mendatang yang mencapai 65 cabor. Hal ini menjadi peluang besar bagi Sumut untuk meraih prestasi lebih baik dari PON Papua 2021.

"Di PON nanti itu mencakup 65 cabor. Sehingga Sumut berpeluang mengikuti semuanya tanpa kualifikasi. Ini pekerjaan berat KONI Sumut dan jajaran untuk mempersiapkannya," sebut Suwarno.

Pembukaan Porprov 2022 ini ditandai dengan defile 32 kontingen, penyalaan obor dan peresmian maskot, logo dan tagline Sumut untuk PON 2024. (Diskominfo/KL)