Berita Kabupaten
  • Senin, 14 Desember 2020 01:08
  • Dilihat 2226 Kali

Kabupaten Labuhanbatu Utara Kembali Raih Penghargaan Peduli HAM Ke Enam Kalinya

Medan, (Kabar Labura)

Peringatan Hari HAM ke-72 tahun 2020 digelar secara virtual bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, S.H.,M.Sc. yang diikuti seluruh gubernur dan kepala daerah se-Indonesia.

Pada peringatan Hari HAM tahun ini Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) kembali menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Azasi Manusia Tahun 2020 yang keenam kalinya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Sutrisno dan diterima Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Pemerintahan Marwan di Lantai 5 Aula Kantor Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Jalan Putri Hijau nomor 4, Medan, Senin (14/12).

Usai menerima penghargaan tersebut, Warwan mengatakan, Tahun 2020 ini hanya 16 kabupaten/kota di Sumatera Utara menerima penghargaan dari Menkum HAM Republik Indonesia salah satunya Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dengan adanya penghargaan ini menambah tingkat kepercayaan pemerintah pusat dan masyarakat terhadap pelaksanaan roda pemerintahan di Kabupaten Labura terutama pemenuhan hak-hak masyarakat.

“Ada beberapa parameter kepedulian HAM sehingga kita berhasil mendapatkan penghargaan ini kembali, yakni pemenuhan terhadap Hak Kesehatan, Hak Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, dan Kependudukan,” ujar mantan Kadis PMD Labura ini.

Tidak hanya tahun ini, tercatat pada tahun 2015 – 2019 Kabupaten Labura juga menerima penghargaan yang sama dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Azasi Manusia.

Adapun tema Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2020 yaitu “Recover Better – Stand Up for Human Rights”. (Armansyah/KL)