Berita Kabupaten
  • Jum'at, 28 Oktober 2022 14:12
  • Dilihat 130 Kali

Peringati HSP ke 94, Bupati Ajak Pemuda Bersatu Bangun Bangsa

Aek Kanopan, (Kabar Labura)

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 94 tahun 2022. Upacara yang di gelar di halaman Kantor Bupati, Jumat (28/10) ini di pimpin langsung Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, SE, MM. 

Pada upacara itu, Bupati Hendriyanto membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali yang menyebutkan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Menurutnya, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

"Melalui amanat ini, saya mengajak kepada seluruh pemuda Labuhanbatu Utara, untuk bersatu membangun bangsa, karena pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang", ucap Bupati. 

Sebelumnya juga di bacakan teks pembukaan UUD 1945 dan teks keputusan kongres pemuda indonesia 1928 oleh organisasi kepemudaan KNPI dan NU Labuhanbatu Utara dan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, dan Bagimu Negeri. 

Upacara HSP ke 94 tingkat Kabupaten Labuhanbatu Utara itu juga di hadiri Wakil Bupati H. Samsul Tanjung, ST, MH, Sekda H. Muhammad Suib, S.Pd, MM, Kakan Kemenag Agus Priadi, S.Ag, jajaran kepala OPD, Muspica Kualuh Hulu, dan di ikuti TNI/Polri, Satpol PP, Mahasiswa, organisasi kepemudaan KNPI, BKPRMI, NU, dan Pemuda Pancasila. 

Usai upacara, Bupati Hendriyanto berkesempatan melepas keberangkatan atlit Kabupaten Labuhanbatu Utara mengikuti kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) di Medan. (Diskominfo/KL)