Berita Kabupaten
  • Rabu, 16 November 2022 12:53
  • Dilihat 198 Kali

Wabup Labura Ajak Seluruh Pihak Berkontribusi Turunkan Angka Stunting

Aek Kanopan, (Kabar Labura)

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara H. Samsul Tanjung, ST, MH, menghadiri kegiatan diseminasi kasus audit stunting tahap 1 yang di gelar di Aula Ahmad Dewi Syukur, Kantor Bupati, Rabu (16/11). 

Acara yang diprakarsai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Labuhanbatu Utara ini merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan Audit Kasus Stunting Semester I tahun 2022. 

Dikesempatan itu, H. Samsul Tanjung yang juga ketua percepatan penurunan stunting Labuhanbatu Utara mengatakan bahwa kegiatan diseminasi audit kasus stunting ini sangat positif dilaksanakan untuk penyampaian rekomendasi oleh tim pakar, selanjutnya dapat di tindak lanjut dalam perbaikan, di sinergikan pada lini terdepan dengan kerja bersama pihak-pihak terkait. 

"Sudah menjadi kewajaran dan keharusan, agar semua pihak berkontribusi dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Labuhanbatu Utara, demi menciptakan generasi masa depan yang unggul dan berkualitas," ujarnya.

Dikatakannya, stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal akibat kekurangan gizi kronis dalam jangka waktu yang lama dan infeksi berulang. Masalah stunting pada anak ketika pada masa depan akan menghasilkan angkatan kerja yang tidak kompetitif

"Stunting menjadi salah satu yang harus diselesaikan untuk mencapai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dinamis, terampil serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)," ucapnya. 

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala DPPKB Erni Malinda Naiputupulu, SKM, Kadis Kesehatan dr. Jannah, Kadis Kominfo Drs. Sugeng, Kadis DPPA Dedi Aksarif, Kadis PMD M. Nur Lubis, Kadis Capil Hariman, perwakilan OPD, PKB, PLKB, dan TPK. Sedangkan narasumber dari perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, dan narasumber pakar yang terdiri dari dokter spesialis obstetric dan ginekologi, dokter spesialis anak, psikolog dan ahli gizi. Adapun penyampaian materi dilakukan dengan metode pemaparan materi, diskusi panel diakhiri dengan tanya jawab. (Diskominfo/KL)